Pages

Senin, 23 April 2012

Bikin Line Tracer

Simpelnya, Line Tracer itu robot yang mengikuti garis (line) hitam di atas putih atau mengikuti garis putih di atas hitam dengan komponen utama itu sensor, komparator, motor drive, dan motor. Aku mengikuti training Line Tracer sudah lama, yaitu April 2011, tapi baru kemarin dapet foto-foto trainingnya, jadinya sekarang cuma ingin share foto aja disini hehehehe.


Aku bikin robot ini satu tim bertiga, yaitu Aku, Rita, dan Ferdy. Bikinnya nebeng di sekretnya tim robot TEUB supaya bisa sekalian pinjem peralatannya. Ketauan ga bondo-nya (ga modal. red) deh hehe. Tapi komponennya beli sendiri lah, keinget dulu itu sudah beli salah satu komponen (aku lupa komponen apa, ATMEGA kalau ga salah) dan ternyata salah pasang padahal udah disolder, jadinya terpakasa dicabut lagi dan pas dicabut salah satu kakinya patah terus beli lagi deh. Fiyuhh.... Semua itu pengalaman tentu saja :)
Ini waktu aku masang sensor sebelum disolder. Kena solder 2 kali sampe tanganku melepuh. Tapi ga parah sih, soalnya kenanya dibagian telapak, jadi setelah sembuh ga membekas hehe.
Aku waktu mau nyoba Line Tracernya bisa jalan apa ga. Jadi sistemnya dibuat lomba gitu, pesertanya bikin Line Tracer terus dilombakan dengan peserta lain. Dengan aspek penilaian kecepatan, ketepatan mengitari garis line tracer (soalnya ada tingkat kesulitannya, ga cuma garis lurus) dan estetika. Ternyata.... jeng! jeng! ga bisa jalaaan huhuhuhuhu. Cuma satu roda aja yang berputar, satunya lagi ga. Pas dibongkar ulang tetap ga jalan, malah salah satu diodanya mati. Akhirnya pasrah deh.
Ini aku sama Rita, tetep senyum walau gagal hahahaha. Yah,bagaimanapun yang terpenting sudah mencoba, dapet ilmunya dan pengalaman bikin robot pertama! Yuhuu :D
Tambahan catatan: nama robot kita Bumble-B (sangat penting). (RF)

3 komentar:

hanipadzhar mengatakan...

ajarin bikin robot dong kakak :D

RenieF mengatakan...

@hanip
nyindir nih? mentang-mentang sendirinya tim Line Tracer Community :p

hendro utomo mengatakan...

thanks for share, klo g kberatan kunjungi www.hendroutomo.com

Posting Komentar