Pages

Minggu, 15 April 2012

Manfaat Kopi

Kebiasaanku yang mengkonsumsi kopi setiap hari mulai diketahui teman-teman. Itu karena dari dua hari yang lalu aku mengikuti kegiatan Management Training HME 2012 yang diadakan di PSPA Bima Sakti, Batu dan aku tidak bisa minum kopi sama sekali. Jadi waktu materi malam hari aku mengantuk dan ga fokus deh. Aku menanyakan pada panitia di mana bisa mendapatkan air panas untuk bikin kopi, tapi katanya tidak diperkenankan menggunakan dapur. 


Terus temanku tanya,"emang kamu minum kopi tiap hari?". "Iya, tapi kopi susu kok, kopi instan gitu". "Ga baik lho minum kopi setiap hari", katanya. Lalu aku jawab "Ga papa kok, kalau masih 1-2 gelas sehari". Tapi wajah temanku masih kurang yakin waktu kubilang kopi bisa mencegah penyakit juga, tapi jawabanku memang kurang meyakinkan sih, jawabanku kurang detail soalnya aku lupa hehe. Sebenarnya manfaat kopi juga banyak sekali lho.

Dari http://www.kesehatan123.com/2122/manfaat-kopi/

Manfaat Minum Kopi
Berdasarkan pada hasil penelitian yang dilakukan oleh Harvard Women’s Health, manfaat minum kopi beberapa cangkir setiap hari dapat menghindarkan kita dari penyakit diabetes tipe 2,kanker usus besar, Parkinson, batu ginjal, hingga sirosis/rusaknya fungsi hati, serta menghindarkan kita dari menurunnya daya kognitif otak.
Sedangkan menurut hasil dari 20 studi yang dilakukan oleh berbagai peneliti di seluruh dunia menjelaskan bahwa manfaat kopi benar-benar dapat menghindarkan kita dari serangan diabetes tipe 2 hingga 50%. Kandungan asam klorogenik dan zat trigonelin (pro vitamin B3) yang terdapat pada kopi dapat menghambat penyerapan gula, merangsang pembentukan hormon insulin dan GLP-1.
Manfaat Kopi Untuk Kesehatan
Beberapa manfaat kopi untuk kesehatan antara lain sebagai berikut:
  • Untuk menghindarkan diri dari serangan jantung dan stroke. Kopi memiliki kandungan yang dapat menghindarkan kita dari serangan jantung hingga stroke. Hal ini telah dibuktikan pada suatu studi yang melibatkan lebih dari 83000 wanita dengan usia 24 tahun lebih. Mereka minum 2-3 cangkir kopi/hari. Hasilnya menunjukan bahwa wanita-wanita tersebut memiliki resiko 19% lebih rendah daripada yang tidak mengonsumsi kopi. Hal tersebut juga dilakukan terhadap beberapa pria Finlandia. Dan hasil yang diperoleh juga relatif sama.
  • Untuk menghindarkan dari Serangan Kanker. Manfaat kopi ini diketahui dari berbagai riset yang dilakukan secara konsisten oleh para peneliti. Hasilnya menunjukan bahwa kanker hati, kanker usus besar, hingga kanker payudara dapat dicegah dengan mengonsumsi kopi.
  • Untuk mencegah penyakit Sirosis.
  • Untuk menghindarkan diri dari penyakit Parkinson.
Oya satu lagi, aku pernah membaca di blog seseorang kalau minum kopi bisa meringankan sakit kepala. Awalnya aku tidak langsung percaya tentu saja, karena kalau dari blog biasanya merupakan persepsi dan pengalaman tiap individu, jadi belum tentu benar adanya atau belum tentu cocok bagi orang lain. Lalu tadi sore aku migrain dan mengambil obat sakit kepala yang biasa aku minum yaitu Pan***l Extra. Ternyata saat aku baca kandungannya memang mengandung kafein. Itulah sebabnya kopi juga bisa meringankan sakit kepala.

Ada saran pula dari salah seorang saudaraku yang juga gemar mengkonsumsi kopi tentang bagaimana sebaiknya meminum kopi. 

Pertama, sebaiknya yang diminum adalah kopi Arabica, bukan Robusta. Karena kandungan kafein dalam kopi Arabica lebih sedikit daripada kopi Robusta sehingga tidak terlalu menimbulkan kecanduan.

Kedua, sebaiknya minum kopi itu di pagi hari dan setelah sarapan. Jangan minum kopi dalam perut kosong karena tidak baik untuk lambung. Biasanya yang langsung bisa merasakannya adalah orang yang menderita maag.

Ketiga, jangan minum kopi sebelum tidur.

Keempat, jangan minum kopi setiap hari.

Kelima, ada baiknya memiliki mesin pembuat kopi sendiri. Jadi beli biji kopinya lalu dibuat bubuk kopinya. Apa ya istilahnya, house blend kalau ga salah. Yaitu kopi yang di blend sendiri. 

Nah, itu dia beberapa manfaat dan saran meminum kopi. Sebenarnya mengkonsumsi kopi ada manfaatnya juga kan. Memang kerugiannya adalah menimbulkan kecanduan, seperti yang aku rasakan kalau tidak minum sehari saja maka akan merasa sangat mengantuk dan lemas. Selain itu tentu saja berbahaya bagi penderita hipertensi karena senyawa kafein bisa menyebabkan tekanan darah meningkat tajam. 

Jadi, lebih baik kita melihat bagaimana kondisi tubuh kita dahulu dalam memilih dan mengkonsumsi makanan atau minuman. Jangan sampai merusak tubuh hanya karena memenuhi keinginan perut semata. (RF)

0 komentar:

Posting Komentar