Pages

Jumat, 06 April 2012

Survival


A.    PENGERTIAN SURVIVAL
Survival berasal dari Bahasa Inggris yang berarti mempertahankan diri. Dari sini dapat diartikan bahwa Survival merupakan suatu keadaan untuk mempertahankan hidup dalam keadan darurat dan berusaha untuk mengatasinya dengan segala sesuatu yang ada. Orang yang mengalami kondisi seperti ini biasa disebut dengan survivor.

Penyebab-penyebab survival antara lain sebagai berikut:
1.      Kehabisan perlengkapan dari suatu perjalanan
2.      Kecelakaan dari suatu perjalanan
3.      Tersesat di daerah asing
4.      Berada di lingkungan yang belum dikenal

B.     CARA-CARA UNTUK SURVIVE
Menghemat tenaga perlu sekali diperhatikan, bila suatu waktu kita tersesat di hutan sambil mencari jalan agar kita tetap bisa survive.

1.       Usahakan Tubuh Tetap Kering
Tubuh yang basah menyerap panas badan untuk penguapan air dipermainkan tanah. Panas tubuh ini harus dipertahankan dengan lebih banyak membakar makanan dalam tubuh.

2.       Jangan Berkeringat
Meskipun tubuh kering, sebetulnya tubuh memberikan uap air kepada pakaian bila anda berkeringat. Ini berarti tubuh anda mengeluarkan panas tambahan untuk menguapkan air dari dalam tubuh. Berkeringat jangan membuat anda haus karena persediaan air sangat terbatas, namun jangan sampai minum setelah terasa haus karena rasa haus berarti tubuh telah mulai kehilangan cairan, minumlah secukupnya sebelum terasa haus.

3.       Lakukan Pekerjaan-pekerjaan Dengan Lambat
Dalam segala kegiatan otot, seperti membuat tempat perlindungan, membelah kayu dsb, bekerjalah dengan lambat. Ini beguna untuk menghemat tenaga dan cairan dalam tubuh.

4.       Beristirahatlah
Biasakan istirahat selama lima menit paling sedikit tiap jam. Maksudnya adalah untuk memungkinkan otot-otot membuang hasil tak berguna yang terkumpul karena badab memeras tenaganya. Jangan terlalu banyak berhenti dalam bekerja.

5.       Minum Cairan Yang Dipanaskan
Jika anda meminum air dingi, tubuh harus memanaskan cairan minumlah sampai setinggi suhu badan. Untuk menghemat kalori minumlah air yang hangat. Minumlah sedikit-sedikit jangan sekaligus karena akan menyebabkan kembung dan rasa haus tidak terpuaskan

6.       Pakailan Tutup Kepala
Orang eskimo dan penduduk daerah dingin lainnya, selalu bertutup kepala. Otak menerima 20% persediaan darah tubuh dan 25% pemasukkan oksigen. Kepala yang terbuka menghamburkan panas tubuh. Tangan yang iru jari merah dan hidung kebiruan memberi petunjuk bahwa anda kehilangan panas tubuh. Lindungi tubuh dari tiupan angin yang dingin. Tambahlah ketebalan pakaian bila suhu makin dingin.

7.       Bila Anda Merasa Tidak Mengerjakan Suatu Pekerjaan
Maka itu berarti anda melakukan pekerjaan yang tidak tepat. Pekerjaan yang terlatih enak dilakukan dan makan tenaga yang lebih sedikit. Kerjakanlah kegiatan yang berguna seperti membuat jejak (agar dapat dilacak tim SAR yang mungkin datang menolong untuk mengisi waktu luang.
Kita dapat meninggalkan jejak (catatan-catatan hari, tanggal, jam, jumlah anggota kelompok, kondisi kelompok, sakit yang diderita, kesulitan yang dialami, arah yang dituju, apa yang dibutuhkan saat ini, rencana atau kegiatan terakhir yang dijalankan dan sebagainya) dalam bungkus plastik di tempat-tempat yang kita singgahi dengan harapan akan ditemukan Tim SAR. Semakin banyak informasi yang ditulis akan makin mempermudah Tim SAR memberikan pertolongan.

8.       Jangan Panik
Pertimbangan akal sehat kadang dikalahkan oleh teror dan khayalan. Bila anda dilanda ketakutan maka panik akan daang. Ini akan menghamburkan tenaga secara sia-sia dan anda akan terjerumus kesulitan besar yang tidak perlu. Untuk itu tentukanlah pemimpin kelompok dan buatlah kesepakatan agar semuanya mematuhi perintah sang pemimpin untuk menghindari pertentangan yang tidak perlu. Agar terhindar dari pertentangan, kebosanan, dan keputusasaan maka pada saat istirahat adakanlah selalu musyawarah atau ‘forum dongeng’ di mana seluruh angota  kelompok dapat menumpahkan keluh kesahnya secara bebas bergiliran. Jangan ragu-ragu atau malu untuk menumpahkan kekesalan dan ketakutan anda, yakinlah bahwa seluruh anggota kelompok juga merasakan hal yang sama. Kegiatan semacam ini akan meningkatkan solidaritas dan membantu mengulangi stress.

9.       Ingatlah Arloji Yang Berharga
Pikirkan batu intannya (jika memang ada) tapi yang paling berharga di hutan adalah tenaganya. Ingat tenaga itu bisa berharga di hutan adalah tenaganya. Ingat tenaga itu bisa habis dalam beberapa jam ditiup angn atau ditelan otot, jika kita kurang berhati-hati. Oleh karenanya jagalah baik-baik arloji, dengan benda itu kita akan tetap bisa memprediksi waktu. Pakailah arloji mekanis (baterai atau otomatis)karena biasanya lebih tahan di kondisi pegunungan walauoun tidak semua arloji elektronik mudah terganggu (terutama yang dirancang untuk kegiatan outdoor-dilengkapi hari, tanggal, altimeter, thermometer dan barometer).

10.   Perbanyak Makan
Gigit dan kunyah segala makanan yang hidup, tumbuh dan bisa dimakan disekitar kita. Dengantetap bersemangat untuk makan akan lebih memperbesar kemungkinan selamat, setidaknya dapat mempertahankan kondisi kesehatan tubuh.

C.    JENIS-JENIS DAUN
Dalam keadaan di mana kita harus bisa survive sangat penting mengetahui jenis-jenis daun di sekitar kita yang dapat dimakan dan yang beracun, seperti:
-          tidak bergetah susu
-          warna tidak mencolok
-          bila permukaannya disentuh terasa ada bulu-bulu, tidak dapat dimakan
-          permukaan daun bila disobek dengan pisau tidak berubah warna
-          tidak mengandung lapisan lilin pada permukaan daun (daun tidak mengkilap)
-          tidak bergerigi

D.    JENIS-JENIS HEWAN (YANG DAPAT DIMAKAN)
Selain tumbuhan, jenis-jenis hewan yang dapat dimakan juga penting untuk diketahui, seperti:
-          serangga (kecuali : serangga berbulu, berwarna cerah, dan berbau tajam)
-          cacing
-          siput
-          katak
-          aves
-          mamalia
-          pisces

E.     CIRI-CIRI AIR TANAH (YANG DAPAT DIMINUM)
-          jernih
-          tidak berasa
-          tidak berbau
-          tidak berwarna

F.     SUVIVAL KIT DAN KEGUNAANNYA
-          kompas prisma dan peluit
-          pisau lipat serbaguna
-          jarum, benang, peniti, silet,
-          korek api batangan, tokai + gas, zippo + minyak
-          lensa api (binokular), cermin
-          senar, mata pancing, pengasah logam,
-          snake bit kit dan emergency blanket

G.    CARA MENCARI AIR
-          dari embun
-          dari air hujan
-          dari air serapan
-          dari bongkahan es
-          dari air payau
-          dari akar singkong
-          dari akar gantung


Jangan lupa selalu beribadah walaupun di alam bebas. Meskipun terdapat kendala air dan medan, tapi itu tidak menghalangi untuk beribadah. Selalu ingat dan meminta pertolongan Tuhan untuk selalu melindungi kita.
Di Pagak
(Fajar dan Hadi 07)

0 komentar:

Posting Komentar