Pages

Senin, 16 April 2012

Modulasi Kode Pulsa

Modulasi kode pulsa atau Pulse Code Modulation (PCM) adalah teknik mengubah sinyal analog ke sinyal digital. Salah satu keuntungan dari proses ini adalah jarak transmisi bisa ditingkatkan dengan menggunakan regeneratif repeater. Tahap yang diperlukan dalam proses PCM adalah:


1. Sampling
    Menurut teorema Nyquist, sebuah sinyal asli dapat direnkonstruksi dengan lengkap apabila sinyal tersebut disampling dengan kecepatan minimal dua kali frekuensi tertinggi dari sinyal tersebut.


2. Kuantisasi
     Kuantisasi artinya membatasi semua nilai sinyal yang mungkin menjadi jumlah yang terbatas. Pada tahap ini hasil dari proses sampling akan dibagi menjadi n level sesuai dengan tingkat resolusi dari Analog to Digital Converter (ADC) yang digunakan.
     Proses kuantisasi juga disebut proses pendiskritan waktu sehingga menghasilkan kesalahan tambahan. Kesalahan kuantisasi ini dipandang sebagai fenomena noise sehingga disebut sebagai noise kuantisasi. Dengan menaikkan banyaknya tahap, kuantisasi menjadi lebih baik dan noise kuantisasi menurun. Namun hal ini akan mempengaruhi lebar bandwith yang disediakan.






3. Coding
     Tujuan dari proses ini adalah untuk menyeragamkan level sinyal sebagai representasi dari biner 1 dan biner 0 yang dihasilkan dari proses kuantisasi. Beberapa jenis kode yang digunakan antara lain adalah Menchester, Unipolar, NRZ, Bipolar NRZ, dll.

0 komentar:

Posting Komentar