Pages

Sabtu, 05 Mei 2012

Manajemen Waktu

Minggu minggu ini jadwal padat. Full praktikum, kuis, tugas, presentasi, ngurus ijazahnya mbak Devi yang sekarang uda di jakarta, dan rapat rutin untuk Probin Maba. Sekitar 1 bulan lagi menuju UAS (Ujian Akhir Semester) dan para dosen memberikan banyak tugas akhir. Nah, di sinilah manajemen waktu sangat dibutuhkan.

Aku pun sekarang sedang belajar bagaimana mengatur waktu. Jadi aku mencari tentang beberapa tips manajemen waktu dan juga ada yang aku tambahkan sendiri.

1. Buat daftar dan tentukan prioritas
Jadi, jika ada beberapa tugas sekaligus tulis urutan prioritas dan tulis urutan deadline. Tugas yang lebih cepat dikumpulkan harus dikerjakan lebih dahulu. Kalau yang aku buat biasanya berupa tabel berisi judul tugas, tanggal, centang (sudah dikerjakan/belum) lalu aku tempel di dinding.

2. Buat daftar "to-do" dan tempel di dinding
Buat daftar apa yang harus dilakukan dan dicentang jika sudah selesai dilakukan. Tentukan juga urutan prioritasnya dan yang mana yang lebih urgent atau mendesak. Terutama jika pelupa seperti aku, tulis saja semua meskipun terkesan remeh, pokoknya jangan sampai ada yang ketinggalan. Misalnya yang aku tulis adalah : Jangan lupa beli isi staples. Kelihatannya remeh, tapi kalau aku lupa terus dan sewaktu-waktu aku butuh steples tapi tidak ada isinya kan repot juga. Lalu, lebih baik tulis dan tempel di dinding atau di meja belajar agar dilihat setiap hari.


3. Fokus pada prioritas A
Ini untuk prioritas jangka panjang. Misalnya ada beberapa urutan prioritas, dan untuk prioritas paling utama  adalah tahun ini mempunyai target lulus kuliah. Tulislah besar-besar di dinding keinginan untuk lulus kuliah tahun ini dan kesampingkan prioritas yang lainnya kecuali benar-benar mendesak. Dengan begitu akan menjadi fokus dengan tujuan.

4. Tangani Setiap Tugas Sekali
Mengerjakan satu tugas dulu (sesuai prioritas) sampai selesai baru kerjakan yang lainnya. Sebisa mungkin jangan gambling (mengerjakan banyak tugas sekaligus) karena hasilnya tidak akan maksimal dan justru mungkin tidak dapat selesai tepat waktu. Kecuali memang sudah terbiasa.


5. Kerjakan SEKARANG
Jangan menunda-nunda, kerjakan sekarang, detik ini juga. Aku pun seorang yang suka menunda pekerjaan dan aku sedang berusaha merubahnya. Kebiasaan menunda sesuatu benar-benar buruk karena hasilnya pekerjaan menumpuk dan aku sering begadang menyelesaikan semuanya. Jadi mulai sekarang harus cepat-cepat mengerjakan yang harus dikerjakan walau itu masih untuk waktu yang lama, karena kita tidak tahu kan kalau ada tambahan tugas lagi. So, DO IT NOW! (RF)

0 komentar:

Posting Komentar